Berikut disajikan contoh Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran Kimia dengan Pendekatan Saintifik
dan model Pembelajaran Discovery Learning. Semoga bermanfaat.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMAN 2 Busungbiu
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Kimia
|
Kelas / Semester
|
:
|
X / Satu
|
Program
|
:
|
MIA
|
Materi Pokok
|
:
|
Struktur Atom
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit (1 x
pertemuan)
|
Guru Mata Pelajaran
|
:
|
Gede Putra Adnyana
|
A. Kompetensi Inti
KI-1
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI-2
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
KI-3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI-4
|
:
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator
KD-1.1
|
:
|
Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi
sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur
partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif
manusia yang kebenarannya bersifat tentative
|
KD-2.1
|
:
|
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif,
terbuka, mampu membedakan fakta dan
opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang
dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap
sehari-hari
|
KD-2.2
|
:
|
Menunjukkan perilaku kerjasama,santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan
serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam
|
KD-2.3
|
:
|
Menunjukkan perilaku responsif, dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
KD-3.3
|
:
|
Menganalisis struktur atom berdasarkan teori atom Bohr
dan teori mekanika kuantum
|
Indikator:
1) Menjelaskan struktur atom menurut teori atom
Bohr
2) Menentukan jumlah proton, neutron, dan
elektron berdasarkan pengamatan gambar dan tabel
3) Menentukan nomor atom dan nomor massa
berdasarkan pengamatan gambar strukut atom dan tabel
4) Menjelaskan perbedaan isotop, isoton, dan
isobar berdasarkan pengamatan tabel
5) Mengelompokkan atom-atom ke dalam isotop,
isoton, dan isobar
KD-4.4
|
:
|
Mengolah
dan menganalisi struktur atom berdasarkan teori atom Bohr dan teori mekanika
kuantum
|
Indikator:
1) Menggambar tiga buah struktur atom menurut
teori atom Bohr yang memiliki jumlah proton lebih dari 10
2) Menyimpulkan hubungan antara jumlah proton,
neutron, elektron, nomor atom dan nomor massa berdasarkan gambar struktur atom
3) Mengkomunikasikan gambar struktur atom menurut
teori atom Bohr
C. Tujuan Pembelajaran
1) Peserta didik dapat menentukan jumlah proton, netron, dan elektron dalam
atom dengan tepat berdasarkan pengamatan gambar struktur atom menurut teori
atom Bohr
2) Berdasarkan pengamatan tabel, peserta didik dapat menjelaskan hubungan
dengan benar antara jumlah proton, jumlah neutron, nomor atom, dan nomor massa
suatu atom
3) Peserta didik dapat menentukan nomor atom dan nomor massa dengan benar berdasarkan
gambar struktur atom menurut teori atom
Bohr
4) Peserta didik dapat mengelompokkan atom-atom berdasarkan kesamaan jumlah
proton, netron, dan nomor massa dengan benar
5) Berdasarkan pengamatan tabel, peserta didik dapat menjelaskan dengan
benar perbedaan antara isotop, isoton, dan isobar
6)
Peserta didik dapat menyebutkan minimal dua pasang atom masing-masing untuk isotop,
isoton, dan isobar melalui diskusi kelompok
7) Peserta didik dapat menggambar minimal tiga buah struktur atom
berdasarkan teori atom Bohr yang memiliki lebih dari 10 proton melalui diskusi
kelompok
8) Peserta
didik menunjukkan rasa ingin tahu, kerjasama, disiplin, proaktif, dan bertanggung jawab dalam
melakukan diskusi untuk memecahkan
masalah dan membuat keputusan selama
pembelajaran tentang struktur atom
9) Peserta didik menunjukkan kesadaran bahwa keteraturan yang terjadi pada
struktur atom adalah wujud kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
D. Materi Pembelajaran
1.
Teori Atom Bohr
Menurut Niels Bohr, atom
tersusun dari inti atom dan lintasan-lintasan elektron. Inti atom tersusun atas
proton yang bermuatan positif dan neutron yang tidak bermuatan (netral).
Elektron beredar mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, seperti
sistem tata surya.
2.
Nomor Atom dan Nomor Massa
Jumlah proton dalam inti
atom menyatakan nomor atom. Sedangkan jumlah proton dan neutron dalam inti atom
menyatakan nomor massa. Selisih antara nomor massa dan nomor atom menunjukkan
jumlah neutron.
3.
Isotop, Isoton, dan Isobar
Atom-atom yang memiliki
jumlah proton sama disebut dengan isotop. Atom-atom yang memiliki jumlah
neutron sama disebut isoton. Sedangkan atom-atom yang memiliki nomor massa sama
disebut dengan isobar.
E. Metode Pembelajaran
1.
Metode: Diskusi
2.
Pendekatan: Saintifik
3.
Model: Discovery Learning
F. Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
1.
Media:
Lembar Kerja dan software untuk presentasi menggunakan
powerpoint
2.
Alat/Bahan:
Alat-alat untuk presentasi
gambar atau tabel, seperti laptop dan LCD
3.
Sumber Belajar:
a) Buku Paket Kimia Kurikulum 2013
b) Sumber-sumber yang relevan
G. Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
Selengkapnya, silahkan unduh di sini:
makasih pak telah berbagi bersama guru Indonesia..
BalasHapussalam kenal
BJGP-Rizal
keren pak salam kenal
BalasHapus