Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Menengah (SMA)


Struktur kurikulum 2013 pendidikan menengah untuk SMA terdiri dari mata pelajaran Wajib dan Peminatan. Mata pelajaran Wajib terdiri dari dua kelompok, yaitu  kelompok A, meliputi mata pelajaran: (1) Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, (2) PPKN, (3) Bahasa Indonesia, (4) Matematika, (5) Sejarah Indonesia, dan (6) Bahasa Inggris; sedangkan mata pelajaran kelompok B, meliputi: (1) Prakarya dan Kewirausahaan (termasuk muatan lokal) dan (2) Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan (termasuk muatan lokal).
 Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Menengah (SMA), disajikan pada tabel berikut:
 Mata pelajaran peminatan untuk SMA terdiri dari tiga peminatan, yaitu (1) Peminatan Matematika dan IPA, (2) Peminatan Sosial, dan (3) Peminatan Bahasa.
Peminatan Matematika dan IPA, terdiri dari empat mata pelajaran, yaitu (1) Matematika, (2) Biologi, (3) Fisika, dan (4) Kimia.
Peminatan Peminatan Sosial, terdiri dari empat mata pelajaran, yaitu (1) Geografi, (2) Sejarah, (3) Sosiologi dan Antropologi, dan (4) Ekonomi.
Peminatan Bahasa, juga terdiri dari empat mata pelajaran, yaitu (1) Bahasa dan Sastra Indonesia, (2) Bahasa dan Sastra Inggris, (3) Bahasa dan Sastra Asing lainnya, dan (4) Antropologi.
Disamping mata pelajaran tersebut, pada jenjang SMA juga mendapatkan mata pelajaran pilihan dan pendalaman minat atau lintas minat. Adapun Jam pelajaran untuk masing-masing mata pelajaran peminatan dan lintas minat, disajikan pada tabel berikut:

Semoga Kurikulum 2013 merupakan titik terang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Semoga! 


Artikel Terkait:

2 komentar:

  1. Tks pak sharingnya. Kami menyediakan Buku Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dll, SMA-MA Kelas X (Peminatan)
    Kurikulum 2013. Untuk informasi pemesanan buku bisa menghubungi P. Heri di HP/WA: 081227992609
    atau lihat di bukupelajarankurikulum2013.blogspot.com

    BalasHapus

Komentar Pembaca adalah Kebahagiaan Penulis