Gosip Membuat Orang Menjadi Kecil


Gosip Membuat Orang Menjadi Kecil

Pepatah mengataka, “orang-orang besar senang berbicara tentang ide-ide, sementara orang biasa-biasa suka berbicara tentang diri mereka sendiri dan orang-orang kecil suka berbicara tentang orang lain

Ketika orang berbicara tentang orang lain, maka itulah gosip. Gosip membuat orang menjadi kecil. Tidak ada sesuatu yang bisa ditawarkan  dalam gosip. Gosip hanya mengurangi kredibilitas orang membicarakan dan yang dibicarakan serta bisa menghancurkan orang yang mendengarkan. Sehingga nyatalah, bahwa gossip tidak ada manfaatnya untuk diri sendiri, apalagi bagi orang lain.

Berhentilah menyebarkan gosip dan menjadi penerima gosip. Kebijaksanaan untuk menghentikan gossip, berarti akan memperbaiki kehidupan orang lain dan juga diri sendiri.

Hukum aksi-reaksi adalah kepastian di bumi ini. Ketika ada orang yang menceritakan gossip, maka orang itupun akan digosipkan orang lain. Semakin keras kita menggosipkan orang, maka semakin hebat pula kita digosipkan orang lain. Untuk itu, saatnya menebar kebaikan demi menuai kedamaian. Hentikan gossip!

Orang yang memiliki integritas adalah orang yang tidak suka mengumbar omongan tentang orang lain di belakangnya. Jika memiliki masalah dengan seseorang, maka lebih baik mendatangi orang tersebut dan membicarakan masalahnya, dan bukan melalui orang ketiga. Orang yang berintegritas tinggi adalah orang yang akan memuji orang lain secara terbuka dan mengkritik orang secara pribadi.

Dengan demikian, jika ingin menjadi orang besar maka berhentilah membicarakan orang lain dan mari membicarakan ide-ide besar yang bisa mengubah dunia! Gantungkan mimpi itu setinggi-tingginya. Raihlah dengan sekuat tenaga. Gunakan ide-ide dan kreativitas untuk meraihnya. “JADILAH ORANG BESAR DENGAN BERHENTI MEMBICARAKAN ORANG LAIN” (Gede Putra Adnyana, dimodifikasi dari kiriman Anne Ahira admin@asianbrain.com)

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Pembaca adalah Kebahagiaan Penulis