Guru Kreatif Demi Pendidikan Berkualitas

Pendidikan berkualitas bagi anak tak mampu bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Guru yang kreatif dan fleksibel ternyata dapat mewujudkan pendidikan berkualitas bagi anak-anak tak mampu.

Pakar pendidikan Prof Arif Rahman, menuturkan, peran guru sangat besar dalam mewujudkan pendidikan bagi anak. Terlebih untuk anak-anak yang kurang mampu. Ia mengatakan sebaiknya guru harus lebih fleksibel dan kreatif.

Dengan begitu maka para guru dapat menyelenggarakan pendidikan bagi anak-anak ini bahkan tanpa bantuan dari pemerintah. Caranya adalah berbuat dengan bergerak dan berbuat sesuatu.

Dengan kreativitas seorang guru, kata dia, maka pendidikan berkualitas bisa didapatkan siapa saja. Arif menjelaskan selama ini pendidikan di Indonesia terpaku pada aturan-aturan pendidikan baku. Padahal pendidikan itu harus fleksibel.

Menurutnya pendidikan itu bukan hanya sekolah dan melulu masalah akademi, tapi juga membina watak. "Nomor satu karakter," ujarnya.

Arif juga mengajarkan beberapa hal pada para peserta yang datang dalam workshop tersebut. Salah satunya mengenai 9 S yang selalu ia terapkan pada para pendidik yakni, senyum, sehat, sabar, sugih, syukur, salam, sapa, sukses dan surga. Para peserta pun dengan antusias mendengarkan setiap penjelasan Arif.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/01/24/lyayy8-guru-kreatif-kunci-pendidikan-berkualitas

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Pembaca adalah Kebahagiaan Penulis