LAPORAN KEGIATAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1. Identitas
Sekolah :
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Program : XII – IPA.1
Semster/Th. Pel. : Gasal, 2010/2011
Ulangan harian ke : Pertama (UH-1)
2. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi: 1. Menjelaskan sifat- sifat koligatif larutan non-elektrolit dan elektrolit
Kompetensi Dasar: 1.1 Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan
3. Indikator pencapaian kompetensi dasar
1) Menjelaskan pengaruh jumlah zat terlarut terhadap penurunan tekanan uap larutan
2) Menghitung besarnya penurunan tekanan uap larutan berdasarkan jumlah zat terlarut dalam suatu larutan
3) Menjelaskan pengaruh jumlah zat terlarut terhadap kenaikan titik didih larutan
4) Menghitung titik didih suatu larutan yang diketahui konsentrasinya
5) Menjelaskan pengaruh jumlah zat terlarut terhadap penurunan titik beku larutan
6) Menghitung massa atom relatif zat yang terlarut berdasarkan harga penurunan titik beku suatu larutan
7) Menjelaskan pengaruh jumlah zat terlarut terhadap penurunan titik beku larutan
8) Menghitung tekanan osmosis suatu larutan berdasarkan jumlah zat yang terlarut dalam suatu larutan
4. Naskah Soal, Kunci, dan Penskoran
No | Soal | Kunci Jawaban | Skor |
1 | Pak Putra membuat larutan dengan jalan melarutkan 18 gram glukosa (C6H12O6) ke dalam 180 mL air. Hitunglah: a) Molalitas larutan Glukosa tersebut! b) Fraksi mol Glukosa dalam larutan tersebut! | a) 18/180 = 0,1 mol 180 mL = 180 gr = 0,18 kg mglu = 0,1/0,18 = 0,556 b) mol air = 180/18 = 10 mol Xglu = 0,1/10,1 = 0,0099 | 1 1 1 1 1 |
2 | Suatu larutan sebanyak 50 gr dibuat dengan mencampurkan 23 gr etanol (Mr=46) dengan 27 gr air. Jika tekanan uap air pada suhu ruangan adalah 30 mmHg, hitung tekanan uap larutan! | 23/46 = 0,5 mol 27/18 = 1,5 mol P = Xp . Po P = 1,5/2 . 30 = 22,5 mmHg | 1 1 1 1 |
3 | Ke dalam 250 mL air, Pak De melarutakan 45 gram glukosa (C6H12O6). Pada suhu itu titik didih air adalah 1000C dan titik bekunya 00C sedangkan harga Kf = 1,80 dan Kb = 0,50. Tentukan Titik didih larutan glukosa tersebut! | 45/180 = 0,25 mol 250 mL = 250 gr = 0,25 kg mglu = 0,25/0,25 = 1 m ∆Tb = m . Kb = 1 . 0,52 Tb = 100 + 0,52 = 100,52 | 1 1 1 1 1 |
SKOR TOTAL | 14 |
5. Hasil Ulangan Harian (Uji kompetensi)
Ulangan harian dilaksankan pada tanggal 7 Agustus 2010. Berdasarkan pelaksanaan ulangan harian, maka didapatkan hasil, sebagai berikut:
NO | NAMA SISWA | L/P | NIS | NILAI | KETERANGAN |
1 | Adi Parmana Putra Kadek | L | 2991 | 78 | Tuntas |
2 | Agus Ariadi Kadek | L | 2994 | 78 | Tuntas |
3 | Agus Ciptawan Putu | L | 3033 | 25 | Belum Tuntas |
4 | Alpin Danu Pramana Putra Kd. | L | 2927 | 100 | Tuntas |
5 | Aria Kadek | L | 2728 | 38 | Belum Tuntas |
6 | Ayu Anggraeni Ni Kadek | P | 2929 | 97 | Tuntas |
7 | Budiasrini Ni Ketut | P | 3004 | 72 | Tuntas |
8 | Catur Wardaya Komang | L | | 50 | Belum Tuntas |
9 | Dodi Mahardika Putu | L | 2935 | 13 | Belum Tuntas |
10 | Dwi Agustawan Kadek | L | 2936 | 31 | Belum Tuntas |
11 | Dwi Anjani Ida Ayu Kade | P | 3039 | 44 | Belum Tuntas |
12 | Eka Sri Wahyuni Desak Putu | P | 2966 | 31 | Belum Tuntas |
13 | Endra Suteja Putu | L | 2969 | 9 | Belum Tuntas |
14 | Eni Sri Wahyuni Putu | P | 2937 | 84 | Tuntas |
15 | Evariana Kadek | L | 3085 | 78 | Tuntas |
16 | Indah Wahyuni Putu | P | 2939 | 59 | Belum Tuntas |
17 | Krisya Bawanti Luh | P | 2942 | 88 | Tuntas |
18 | Lusy Arista Luh | P | 3096 | 47 | Belum Tuntas |
19 | Meji Ratnasari Nyoman | P | 2976 | 63 | Belum Tuntas |
20 | Novia Dewi Ketut | P | 2944 | 47 | Belum Tuntas |
21 | Ria Lestiana Made | P | 3054 | 44 | Belum Tuntas |
22 | Rismaryani Ni Putu | P | 3021 | 91 | Tuntas |
23 | Sri Astiti Putu | P | 3025 | 0 | Belum Tuntas |
24 | Sugiani Luh | P | 2946 | 41 | Belum Tuntas |
25 | Sulistia Dewi Ida Ayu Komang | P | 2947 | 88 | Tuntas |
26 | Swandipa I Nyoman | L | 2948 | 69 | Belum Tuntas |
27 | Yuliari Komang | P | 2990 | 78 | Tuntas |
| | | | | |
RERATA | | 57.15 | | ||
JUMLAH SISWA TUNTAS BELAJAR | | 11 | | ||
KETUNTASAN BELAJAR (%) | | 40.74% | | ||
NILAI TERTINGGI | | 100.00 | | ||
NILAI TERENDAH | | 0.00 | | ||
STANDAR DEVIASI | | 28.08 | |
6. Analisis Hasil Ulangan Harian (Uji Kompetensi)
Berdasarkan hasil ulangan harian tersebut, maka dapat dijelaskan:
1) Perolehan rerata nilai UH-1 sebesar 57,15, di mana rerata ini belum mencapai KKM yaitu sebesar 72;
2) Ketuntasan belajar mencapai 40,74% atau terdapat 11 siswa yang dinyatakan tuntas, ini berarti masih terdapat 16 siswa yang dinyatakan tidak tuntas;
7. Rencana tindak Lanjut
Berdasarkan analisis tersebut, maka disusun rencana sebagai berikut:
a) Kepada 16 orang siswa yang dinyatakan belum tuntas, diberikan remedial, sedangkan 11 siswa lainnya yang sudah tuntas diberikan pengayaan.
b) Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan kegiatan pembelajaran tutur sebaya, dalam hal ini dibentuk 4 kelompok yang masin-masing terdiri dari 4 orang siswa belum tuntas dan 2 - 3 orang siswa sudah tuntas. Dalam hal ini kelompok siswa yang sudah tuntas diarahkan membimbing siswa lainnya yang dinyatakan belum tuntas
c) Keberhasilan bimbingan dinyatakan secara terukur dengan melihat perolehan rerat nilai siswa yang belum tuntas
d) Pelaksanaan kegiatan remedial dan pengayaan yang dilanjutkan dengan penilaian yang dilaksanakan pada hari minggu, tanggal 15 Agustus 2010 dari jam 09.00 Wita sampai dengan 12.00 Wita
8. Soal Ulangan Pasca Remedial dan Pengayaan
No | Soal | Kunci Jawaban | Skor |
1 | Pak Putra membuat larutan dengan jalan mencampurkan 230 mL alkohol (C2H5OH) dengan 270 mL air. Pada suhu tersebut, tekanan uap jenuh air adalah 30 mmHg. Tentukan: a) Fraksi mol alkohol pada larutan tersebut! b) Tekanan uap larutan tersebut! | a) Fraksi mol alkohol pada larutan tersebut! n alk = 230/46 = 5 mol n air = 270/18 = 15 mol X alk = 5/(5+15) = 5/20 = 0,25 b) Tekanan uap larutan tersebut! P = Xp . P0 Xp = 15/20 = 0,75 P = 0,75 . 30 = 22,5 mmHg | 1 1 1 1 1 1 |
2 | Ke dalam 250 mL air, Pak De melarutakan 45 gram glukosa (C6H12O6). Pada suhu itu titik didih air adalah 1000C dan titik bekunya 00C sedangkan harga Kf = 1,80 dan Kb = 0,50. Tentukan: a) Molalitas larutan glukosa yang terbentuk! b) Titik didih larutan glukosa tersebut! c) Titik beku larutan glukosa tersebut! | a) Molalitas larutan glukosa yang terbentuk! nglu = 45/180 = 0,25 mol m = n/Kg = 0,25/0,25 = 1 molal b) Titik didih larutan glukosa tersebut! ∆Tb = m x Kb = 1 x 0,5 = 0,5 Tb = Tbo + ∆Tb = 100 + 0,5 = 100,5 o c) Titik beku larutan glukosa tersebut! ∆Tf = m x Kf = 1 x 1,8 = 1,8 Tf = Tbo - ∆Tb = 0 – 1,8 = -1,8 oC | 1 2 1 2 1 2 |
| Pak Gede membuat larutan urea (CO(NH2)2) sebanyak 200 mL. Larutan tersebut isotonis dengan 500 mL larutan gula (C12H22O11) 0,1 M pada suhu 127oC dan dengan harga R = 0,082 L.Atm.mol-1.K-1. Tentukan: a) Tekanan osmosis larutan uera tersebut! b) Konsentrasi larutan urea yang dibuat Pak Gede! c) Massa urea yang diperlukan! | a) Tekanan osmosis larutan uera tersebut! pure = pglu Mure.R.T = Mglu.R.T Mure = Mglu = 0,1 M pure = Mure.R.T = 0,1 x 0,082 x 400 = 3,28 Atm b) Konsentrasi larutan urea yang dibuat Pak Gede! pure = pglu Mure.R.T = Mglu.R.T Mure = Mglu = 0,1 M c) Massa urea yang diperlukan! Mure = nure/L = (gr/Mr)/L 0,1 = (gr/60)/0,2 = 1,2 gram | 3 2 3 |
| SKOR | | 23 |
9. Hasil Penilaian Pasca Remedial dan Pengayaan
Berdasarkan hasil penilaian yang pasca penyelenggaraan kegiatan Remedial dan Pengayaan, yang dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2009, maka diperoleh hasil seperti disajikan pada tabel berikut:
NO | NAMA SISWA | L/P | NIS | NILAI | KETERANGAN |
1 | Adi Parmana Putra Kadek | L | 2991 | 100 | Tuntas |
2 | Agus Ariadi Kadek | L | 2994 | 78 | Tuntas |
3 | Agus Ciptawan Putu | L | 3033 | 40 | Belum Tuntas |
4 | Alpin Danu Pramana Putra Kd. | L | 2927 | 100 | Tuntas |
5 | Aria Kadek | L | 2728 | 40 | Belum Tuntas |
6 | Ayu Anggraeni Ni Kadek | P | 2929 | 97 | Tuntas |
7 | Budiasrini Ni Ketut | P | 3004 | 72 | Tuntas |
8 | Catur Wardaya Komang | L | | 80 | Tuntas |
9 | Dodi Mahardika Putu | L | 2935 | 13 | Belum Tuntas |
10 | Dwi Agustawan Kadek | L | 2936 | 50 | Belum Tuntas |
11 | Dwi Anjani Ida Ayu Kade | P | 3039 | 44 | Belum Tuntas |
12 | Eka Sri Wahyuni Desak Putu | P | 2966 | 40 | Belum Tuntas |
13 | Endra Suteja Putu | L | 2969 | 55 | Belum Tuntas |
14 | Eni Sri Wahyuni Putu | P | 2937 | 84 | Tuntas |
15 | Evariana Kadek | L | 3085 | 78 | Tuntas |
16 | Indah Wahyuni Putu | P | 2939 | 75 | Tuntas |
17 | Krisya Bawanti Luh | P | 2942 | 88 | Tuntas |
18 | Lusy Arista Luh | P | 3096 | 47 | Belum Tuntas |
19 | Meji Ratnasari Nyoman | P | 2976 | 63 | Belum Tuntas |
20 | Novia Dewi Ketut | P | 2944 | 75 | Tuntas |
21 | Ria Lestiana Made | P | 3054 | 75 | Tuntas |
22 | Rismaryani Ni Putu | P | 3021 | 91 | Tuntas |
23 | Sri Astiti Putu | P | 3025 | 40 | Belum Tuntas |
24 | Sugiani Luh | P | 2946 | 100 | Tuntas |
25 | Sulistia Dewi Ida Ayu Komang | P | 2947 | 88 | Tuntas |
26 | Swandipa I Nyoman | L | 2948 | 69 | Belum Tuntas |
27 | Yuliari Komang | P | 2990 | 78 | Tuntas |
| | | | | |
RERATA | | 68.89 | | ||
JUMLAH SISWA TUNTAS BELAJAR | | 16 | | ||
KETUNTASAN BELAJAR (%) | | 59.26% | | ||
NILAI TERTINGGI | | 100.00 | | ||
NILAI TERENDAH | | 13.00 | | ||
STANDAR DEVIASI | | 23.02 | |
10. Analisis Hasil Kegiatan Remedial dan Pengayaan
Berdasarkan hasil penilaian setelah kegiatan Remedial dan Pengayaan, maka dapat dijelaskan:
a) Perolehan rerata nilai mencapai 68,89, di mana perolehan masih lebih kecil dari KKM yaitu sebesar 72. Artinya, perlu ada tindakan berikutnya untuk meningkatkan perolehan hasil belajar siswa;
b) Persentase ketuntasan belajar siswa baru mencapai 59,26%, yaitu sebanyak 16 dari 27 siswa dinyatakan tuntas. Hasil ini lebih tinggi dari UH seelumnya tetapi masih lebih rendah dari batas ketuntasan klasikal yang ditetapkan, yaitu sebesar 85%;
11. Penutup (Simpulan dan Rekomendasi)
a) Simpulan
Berdasarkan hasil kegiatan Remedial dan Pengayaan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan:
1) Pembelajaran Kimia di kelas XII – IPA.1 untuk materi sifat koligatif larutan belum tuntas, sehingga diperlukan tindak lanjut berikutnya untuk meningkatkan ketuntasan siswa;
2) Peningkatan hasil ditunjukkan dari perolehan rerata nilai, yaitu dari 57,15 sebelum kegiatan Remedial dan Pengayaan menjadi 68,89, namun hasil masih lebih kecil dari KKM yaitu sebesar 72;
3) Peningkatan hasil ini juga terlihat dari perolehan ketuntasan belajar siswa dari 40,74% sebelum kegiatan Remedial dan Pengayaan menjadi 59.26%, namun masih lebih kecil dari kriteria ketuntasan belajar minimal yaitu 85%;
b) Rekomendasi
Beberapa rekomendasi yang dapa disampaikan, diantaranya:
1) Kegiatan remedial yang dilakukan berupa tutor sebaya di mana ini merupakan salah satu teknik kegiatan Remdial dan Pengayaan. Agar pelaksanaan Remedial dan Pengayaan lebih menarik, tepat guna, dan tepat sasaran maka pemilihan teknik agar lebih bervariasi sesuai dengan konteks dan konten pembelaajran;
2) Agar kegiatan remedial dan pengayaan lebih efektif dan efesien, maka dapat dilakukan penggabungan untuk kelas yang setara sesuai dengan KD yang diitndaklajuti. Penggabungan ini diharapkan mempertimbangkan situasi dan kondisi kelas serta hasil pembelajaran siswa;
3) Oleh karena kegiatan Remedial dan Pengayaan dilaksanakan di luar jam efektif, maka pelaksanaannya dapat menggunaka hari libur atau hari minggu, sehingga situasi belajar lebih segar dan tidak terkesan dipaksakan.
Banyuatis, Agustus 2010
Guru Mata Pelajaran Kimia,
Gede Putra Adnyana,
NIP. 196812011991031005
Artikel Terkait:
Pembelajaran
- Bentuk Soal UN 2015 yang Menakutkan
- Kisi-Kisi UN Kimia 2015
- Reaksi Reduksi dan Oksidasi (Bagian-1)
- Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
- Siapa Bilang Kurikulum 2013 Dicabut?
- RPP Kimia dengan Model Discovery Learning
- RPP SMA Kurikulum 2013
- 24 Jam Tatap Muka Perminggu Kurang Proporsional
- 5 Unsur Esensial Inquiry
- Elemen Rencana Kegiatan Pembelajaran (RKP)
- Lomba Penulisan Artikel Guraru 2012
- Penerapan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah (Artikel)
- PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN KIMIA
- PENERAPAN MODEL SB-HD BERBANTUAN LKS-2E
- Lembar Kegiatan Pembelajaran (LKP) Termokimia-1
- :LKTI Guru 2011 (Majalah Guruku)
- Teori Belajar Vs Teori Pembelajaran
- Pembelajaran Konstruktivisme Vs Behavioristik
- Mengapa Guru Menyusun RKP?
- Bagaimana Menumbuhkembangkan Kecerdasan Otak Anak?
- Rencana dan Laporan Kegiatan Pembelajaran (RKP & LKP)
- Model Konstruktivistik dalam Pembelajaran
- Lomba Penciptaan/Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK/ICT
- Keterampilan Berpikir Kritis
- Deklarasi Pendidikan Karakter
Kimia
- Kisi-Kisi UN Kimia 2015
- Reaksi Reduksi dan Oksidasi (Bagian-1)
- Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
- RPP Kimia dengan Model Discovery Learning
- Pembahasan Prediksi Ujian Nasional (UN) Kimia 2014 (1–10)
- Prediksi Ujian Nasional (UN) Kimia 2014
- Naskah Soal UAS Kimia Kelas XII, Semester Ke-1 (2013/2014)
- Naskah Soal UAS Kimia Kelas XI Semester Ke-1 (2013/2014)
- Soal Pra-UAS Kimia Kelas XI Semester Ke-1
- Soal Pra UAS Kimia Kelas XII Semester Gasal
- UTS Kimia Kelas XII
- Soal UTS Kimia Kelas XI
- Kisi-Kisi dan Prediksi Soal UN Kimia 2013 (Sesuai dengan Kisi-Kisi UN 2013)
- Prediksi Soal UN Kimia 2013 Ver 5 (Sesuai Kisi-kisi 2012/2013)
- Prediksi Soal UN Kimia 2013 Ver 4 (Sesuai Kisi-kisi 2012/2013)
- Prediksi Soal UN Kimia 2013 Versi 3 (Sesuai Kisi-kisi 2012/2013)
- Prediksi Soal UN Kimia 2013 Ver 2 (Sesuai Kisi-kisi 2012/2013)
- Prediksi Soal UN Kimia 2013 Ver 1 (Sesuai Kisi-kisi 2012/2013)
- Kisi-Kisi UN 2012/2013 Fisika, Kimia, Biologi SMA
- Kisi-Kisi UN 2012/2013 Kimia SMA
- Chemistry Week ITS Surabaya 2013
- Prediksi UN Kimia SMA 2013
- Naskah Soal UAS Kimia Kelas X (Gasal, 2012/2013)
- Kisi-Kisi UAS Kimia XI (Gasal, 2012/2013)
- Kisi-Kisi UAS Kimia X (Gasal, 2012/2013)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar Pembaca adalah Kebahagiaan Penulis