Hasil OSN Tahun 2013

Provinsi di pulau Jawa, mendominasi perolehan medali pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2013 di Bandung. Jawa Tengah berhasil menyabet gelar juara umum dengan meraih 26 emas, 36 perak, dan 44 perunggu. Berbagai pertanyaan muncul dari fenomena tersebut. Seperti, Bagaimana dengan kualitas pendidikan di di luar pulau Jawa? Apakah kualitas pendidikan di pulau Jawa terlalu cepat meningkat sehingga begitu jauh meninggalkan provinsi lainnya di luar Jawa? Apakah ada korelasi antara hasil OSN dengan hasil UN? Pertanyaan-pertanyaan tersebut menarik diungkapkan sebagai bahan refleksi demi koreksi.
Berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan medali pada OSN tahun 2013 jenjang SD, SMP, SMA/SMK PKLK Dikdas, PKLK Dikmen, dan kelompok guru, peringkat lima besar diraih provinsi yang berada di pulau Jawa, yakni Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Bahkan, peringkat enam pun diperoleh dari provinsi di Jawa, yakni D.I. Yogyakarta.  Adapun rincian rekapitulasi perolehan medali pada OSN tahun 2013, disajikan pada tabel berikut.

Juara umum kali ini merupakan gelar ke tiga kalinya bagi Jawa Tengah. Dengan demikian, Jawa Tengah berhasil menggondol piala bergilir dan piala tetap.  Ada hal menarik yang diungkapkan pejabat dari Jawa Tengah yang berkaitan dengan OSN, yakni persiapan dengan melibatkan universitas, seperti Undip, UKSW, ITS, serta memberikan motivasi dan fasilitas dalam bentuk pelatihan dan dana.
Dunia pendidikan adalah dunia yang penuh dengan idealisme dan merupakan investasi jangka panjang. Semua pihak harus mendukung kegiatan OSN tersebut, karena nyata-nyata mampu mengangkat harkat dan martabat bangsa dalam pergaulan internasional. Oleh karena itu, dunia pendidikan hendaknya bebas dari kepentingan politik. Dengan alasan apapun, hendaknya jangan ada lagi politisasi pendidikan. Biarlah siswa, guru, pegawai, dan stakeholders pendidikan lainnya berinteraksi semata-mata untuk mencerdaskan bangsa. Semoga!



Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. Bali mana ....????? Perasaan ujian Nasional (UN)nya slalu JAWARA terus.........nomer 1
    Kok OSN gak ada apa2 nya........sama banten aja putuuuussss..

    BalasHapus

Komentar Pembaca adalah Kebahagiaan Penulis