MATERI BAHAN AJAR: LARUTAN ASAM BASA
Oleh: Gede Putra Adnyana
Standar Kompetensi:
4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
Kompetensi Dasar:
4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.
Indikator Pencapaian Hasil Belajar:
4.1.1 Siswa mampu membedakan konsep asam basa menurut Arrhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis;
4.1.2 Siswa dapat menentukan sifat larutan melalui percobaan dengan menggunakan indikator asam basa;
4.1.3 Siswa mampu menghitung pH larutan berdasarkan jumlah zat yang terdapat dalam larutan
Materi Bahan Ajar
4.1.1 Teori Asam Basa
Laurutan yang bersifat asam dan basa berkaitan erat dengan adanya ion hydrogen (H+) dan ion hidroksi (OH-). Fenomena ini diselidiki oleh Arrhenius, yang selanjutnya dikenal dengan Teori Asam-Basa Arrhenius.
Menurut Arrhenius, jika hydrogen klorida (HCl) dilarutakan dalan air (H2O), maka terjadi reaksi ionisasi:
HCl D H+ + Cl-
Dalam hal ini dihasilkan ion H+ sehingga HCl dinyatakan bersifat asam.
Hal lain terjadi jika Kristal Natrium Hidroksida (NaOH) dilarutkan dalam air, maka terjadi reaksi ionisasi:
NaOH D Na+ + OH-
Oleh karena menghasilkan ion OH-, maka NaOH dinyatakan bersifat basa.
Apa perbedaan asam dan basa menurut Teori Asam-Basa Arrhenius? |
Teori asam basa terus mengalami perkembangan sejalan dengan berbagai fenomena yang tidak dapat dijelaskan dengan Teori Asam-Basa Arrhenius. Seperti pada reaksi berikut:
H2SO4 + NH3 D NH4+ + HSO4-
Dalam hal ini tidak terlihat jelas adanya ion H+ atau ion OH-. Untuk menjawab fenomena ini, maka Brosted dan Lowry mengajukan teori yang selanjutnya dikenal dengan Teori Asam-Basa Bronsted-Lowry.
Pada kasus reaksi H2SO4 dan NH3, terlihat bahwa NH3 menerima proton (H+) menjadi NH4+ sehingga NH3 dinyatakan sebagai basa. Sedangkan H2SO4 memberi proton (H+) menjadi HSO4- sehingga H2SO4 disebut sebagai asam.
Dalam hal ini dikenal adanya pasangan asam basa konjugasi, yang disajikan pada tabel berikut:
Asam Konjugasi | Basa Konjugasi |
H2SO4 | HSO4- |
NH4+ | NH3 |
Apa perbedaan asam dan basa menurut Teori Asam-Basa Bronsted-Lowry?
Lalu, bagaimana dengan reaksi berikut?
NH3 + HCl D NH4Cl
Pada kasus tersebut tidak terlihat adanya ion H+, ion OH-, donor proton, dan akseptor proton. Untuk menjawab fenomena tersebut, maka Lewis mengemukakan teori yang selanjutnya dikenal dengan Teori Asam Basa Lewis. Penjelasannya adalah sebagai berikut:
H3N: + H+ + Cl- D NH4+ + Cl- → NH4Cl
Dalam hal ini, NH3 menyumbang (donor) pasangan electron sehingga disebut Basa Lewis. Sedangkan HCl penerima (akseptro) pasangan electron sehingga disebut sebagai Asam Lewis.
Apa perbedaan asam dan basa menurut Teori Asam-Basa Lewis?
Latihan-1
1. Tulis reaksi ionisasi zat berikut dan tentukan sifat asam basanya!
a) H3PO4
b) Ba(OH)2
2. Tentukan sifat asam basa dari reaksi zat-zat berikut:
a) SO3 + H2O D HSO3- + OH-
b) BCl3 + NH3 D NH3BCl3
Artikel Terkait:
Kimia
- Kisi-Kisi UN Kimia 2015
- Reaksi Reduksi dan Oksidasi (Bagian-1)
- Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
- RPP Kimia dengan Model Discovery Learning
- Pembahasan Prediksi Ujian Nasional (UN) Kimia 2014 (1–10)
- Prediksi Ujian Nasional (UN) Kimia 2014
- Naskah Soal UAS Kimia Kelas XII, Semester Ke-1 (2013/2014)
- Naskah Soal UAS Kimia Kelas XI Semester Ke-1 (2013/2014)
- Soal Pra-UAS Kimia Kelas XI Semester Ke-1
- Soal Pra UAS Kimia Kelas XII Semester Gasal
- UTS Kimia Kelas XII
- Soal UTS Kimia Kelas XI
- Kisi-Kisi dan Prediksi Soal UN Kimia 2013 (Sesuai dengan Kisi-Kisi UN 2013)
- Prediksi Soal UN Kimia 2013 Ver 5 (Sesuai Kisi-kisi 2012/2013)
- Prediksi Soal UN Kimia 2013 Ver 4 (Sesuai Kisi-kisi 2012/2013)
- Prediksi Soal UN Kimia 2013 Versi 3 (Sesuai Kisi-kisi 2012/2013)
- Prediksi Soal UN Kimia 2013 Ver 2 (Sesuai Kisi-kisi 2012/2013)
- Prediksi Soal UN Kimia 2013 Ver 1 (Sesuai Kisi-kisi 2012/2013)
- Kisi-Kisi UN 2012/2013 Fisika, Kimia, Biologi SMA
- Kisi-Kisi UN 2012/2013 Kimia SMA
- Chemistry Week ITS Surabaya 2013
- Prediksi UN Kimia SMA 2013
- Naskah Soal UAS Kimia Kelas X (Gasal, 2012/2013)
- Kisi-Kisi UAS Kimia XI (Gasal, 2012/2013)
- Kisi-Kisi UAS Kimia X (Gasal, 2012/2013)
Pembelajaran
- Bentuk Soal UN 2015 yang Menakutkan
- Kisi-Kisi UN Kimia 2015
- Reaksi Reduksi dan Oksidasi (Bagian-1)
- Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
- Siapa Bilang Kurikulum 2013 Dicabut?
- RPP Kimia dengan Model Discovery Learning
- RPP SMA Kurikulum 2013
- 24 Jam Tatap Muka Perminggu Kurang Proporsional
- 5 Unsur Esensial Inquiry
- Elemen Rencana Kegiatan Pembelajaran (RKP)
- Lomba Penulisan Artikel Guraru 2012
- Penerapan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah (Artikel)
- PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN KIMIA
- PENERAPAN MODEL SB-HD BERBANTUAN LKS-2E
- Lembar Kegiatan Pembelajaran (LKP) Termokimia-1
- :LKTI Guru 2011 (Majalah Guruku)
- Teori Belajar Vs Teori Pembelajaran
- Pembelajaran Konstruktivisme Vs Behavioristik
- Mengapa Guru Menyusun RKP?
- Bagaimana Menumbuhkembangkan Kecerdasan Otak Anak?
- Rencana dan Laporan Kegiatan Pembelajaran (RKP & LKP)
- Model Konstruktivistik dalam Pembelajaran
- Lomba Penciptaan/Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK/ICT
- Keterampilan Berpikir Kritis
- Deklarasi Pendidikan Karakter
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar Pembaca adalah Kebahagiaan Penulis