UJI KOMPETENSI KIMIA
KELAS XI SEMESTER 2 (GENAP)
Guru Mata Pelajaran: Gede Putra Adnyana
1. Gas belerang (VI) oksida dilarutkan dalam air sehingga membentuk larutan asam sulfat yang dalam larutan berada dalam keadaan ion-ion.
a) Tentukan pasangan asam basa konjugasinya
b) Tulislah struktur Lewis untuk belerang (VI) oksida dan air!
c) Jika konsentrasi ion sulfat dalam larutan adalah 5 x 10-5 M, hitunglah pH larutan tersebut.
2. Pak Putra menitrasi 50 mL larutan Ba(OH)2 0,02 M dengan larutan asam klorida 0,01 M.
a) Tulislah persamaan reaksi pada titrasi tersebut!
b) Agar larutan Ba(OH)2 tepat habis bereaksi, hitunglah volume asam klorida yang diperlukan!
c) Jika kedua larutan tepat habis bereaksi, hitunglah massa garam yang terbentuk!
3. Pak Gede mencampurkan 100 mL larutan asam asetat 0,010 M dengan 100 mL larutan natrium hidroksida 0,005 M.
a) Tentukan konsentrasi zat-zat setelah bereaksi!
b) Hitung pH larutan setelah pencampuran! Diketahui Ka asam asetat adalah 1 x 10-5
4. Ibu kadek membuat larutan dengan cara mencampurkan 500 mL larutan amonium hidroksida 0,2 M dengan 200 mL larutan asam klorida 0,5 M.
a) Hitung massa garam yang dihasilkan (Ar: H=1, N=14, O=16, Cl=35,5)!
b) Tulis reaksi hidrolisis garam yang terbentuk!
c) Hitung pH larutan setelah pencampuran! (Kb amonium hidroksida = 1 x 10-5)
5. Suatu larutan setelah ditetesi dengan metil merah (4,2 – 6,3 / merah – kuning) memberikan warna kuning, sedangkan setelah ditetesi fenolftalein (8,3 - 9,6 / tak berwarna – merah) ternyata tak bewarna. Berapakah pH larutan tersebut? Jelaskan.
6. Pada suhu tertentu aluminium hidroksida memiliki harga tetapan hasil kali kelarutan 2,7 x 10-31.
a) Hitunglah kelarutan aluminum hidroksida dalam air!
b) Hitunglah kelarutan aluminium hidroksida dalam 0,01 M larutan NaOH
c) Hitunglah massa (gram) alumnium hidroksida yang dapat larut dalam 100 mL air (Ar: H=1, O=16, Al=27)
7. Pak Adnyana membuat koloid dengan cara meneteskan sedikit demi sedikit larutan besi (III) klorida ke dalam air mendidih sampai keruh sehingga terbentuk koloid yaitu sol besi (III) hidroksida. Kemudian sol ini dielektroforesis ternyata koagulasi terjadi pada elektroda negatif (katoda).
a) Tulislah reaksi pembuatan koloid tersebut!
b) Mengapa koagulasi terjadi di katoda?
c) Diantara elektrolit berikut: Na3PO4, AlCl3, Al2(SO4)3, elektrolit manakah yang paling efektif mengkoagulasi sol besi (III) hidroksida? Berikan penjelasan!
Artikel Terkait:
Kimia
- Kisi-Kisi UN Kimia 2015
- Reaksi Reduksi dan Oksidasi (Bagian-1)
- Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
- RPP Kimia dengan Model Discovery Learning
- Pembahasan Prediksi Ujian Nasional (UN) Kimia 2014 (1–10)
- Prediksi Ujian Nasional (UN) Kimia 2014
- Naskah Soal UAS Kimia Kelas XII, Semester Ke-1 (2013/2014)
- Naskah Soal UAS Kimia Kelas XI Semester Ke-1 (2013/2014)
- Soal Pra-UAS Kimia Kelas XI Semester Ke-1
- Soal Pra UAS Kimia Kelas XII Semester Gasal
- UTS Kimia Kelas XII
- Soal UTS Kimia Kelas XI
- Kisi-Kisi dan Prediksi Soal UN Kimia 2013 (Sesuai dengan Kisi-Kisi UN 2013)
- Prediksi Soal UN Kimia 2013 Ver 5 (Sesuai Kisi-kisi 2012/2013)
- Prediksi Soal UN Kimia 2013 Ver 4 (Sesuai Kisi-kisi 2012/2013)
- Prediksi Soal UN Kimia 2013 Versi 3 (Sesuai Kisi-kisi 2012/2013)
- Prediksi Soal UN Kimia 2013 Ver 2 (Sesuai Kisi-kisi 2012/2013)
- Prediksi Soal UN Kimia 2013 Ver 1 (Sesuai Kisi-kisi 2012/2013)
- Kisi-Kisi UN 2012/2013 Fisika, Kimia, Biologi SMA
- Kisi-Kisi UN 2012/2013 Kimia SMA
- Chemistry Week ITS Surabaya 2013
- Prediksi UN Kimia SMA 2013
- Naskah Soal UAS Kimia Kelas X (Gasal, 2012/2013)
- Kisi-Kisi UAS Kimia XI (Gasal, 2012/2013)
- Kisi-Kisi UAS Kimia X (Gasal, 2012/2013)
Pembelajaran
- Bentuk Soal UN 2015 yang Menakutkan
- Kisi-Kisi UN Kimia 2015
- Reaksi Reduksi dan Oksidasi (Bagian-1)
- Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
- Siapa Bilang Kurikulum 2013 Dicabut?
- RPP Kimia dengan Model Discovery Learning
- RPP SMA Kurikulum 2013
- 24 Jam Tatap Muka Perminggu Kurang Proporsional
- 5 Unsur Esensial Inquiry
- Elemen Rencana Kegiatan Pembelajaran (RKP)
- Lomba Penulisan Artikel Guraru 2012
- Penerapan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah (Artikel)
- PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN KIMIA
- PENERAPAN MODEL SB-HD BERBANTUAN LKS-2E
- Lembar Kegiatan Pembelajaran (LKP) Termokimia-1
- :LKTI Guru 2011 (Majalah Guruku)
- Teori Belajar Vs Teori Pembelajaran
- Pembelajaran Konstruktivisme Vs Behavioristik
- Mengapa Guru Menyusun RKP?
- Bagaimana Menumbuhkembangkan Kecerdasan Otak Anak?
- Rencana dan Laporan Kegiatan Pembelajaran (RKP & LKP)
- Model Konstruktivistik dalam Pembelajaran
- Lomba Penciptaan/Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK/ICT
- Keterampilan Berpikir Kritis
- Deklarasi Pendidikan Karakter
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar Pembaca adalah Kebahagiaan Penulis