RPP Kimia dengan Model Discovery Learning

Berikut disajikan contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran Kimia dengan Pendekatan Saintifik dan model Pembelajaran Discovery Learning. Semoga bermanfaat.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah
:
SMAN 2 Busungbiu
Mata Pelajaran
:
Kimia
Kelas / Semester
:
X / Satu
Program
:
MIA
Materi Pokok
:
Struktur Atom
Alokasi Waktu
:
2 x 45 Menit (1 x pertemuan)
Guru Mata Pelajaran
:
Gede Putra Adnyana

A.    Kompetensi Inti
KI-1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi   atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI-3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
KD-1.1
:
Menyadari  adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi  sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentative
KD-2.1
:
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,  demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari
KD-2.2
:
Menunjukkan perilaku kerjasama,santun,  toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam
KD-2.3
:
Menunjukkan perilaku responsif,  dan proaktif serta bijaksana sebagai   wujud kemampuan memecahkan  masalah dan membuat keputusan
KD-3.3
:
Menganalisis  struktur atom berdasarkan teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum
Indikator:
1)      Menjelaskan struktur atom menurut teori atom Bohr
2)      Menentukan jumlah proton, neutron, dan elektron berdasarkan pengamatan gambar dan tabel
3)      Menentukan nomor atom dan nomor massa berdasarkan pengamatan gambar strukut atom dan tabel
4)      Menjelaskan perbedaan isotop, isoton, dan isobar berdasarkan pengamatan tabel
5)      Mengelompokkan atom-atom ke dalam isotop, isoton, dan isobar

KD-4.4
:
Mengolah dan menganalisi struktur atom berdasarkan teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum
Indikator:
1)      Menggambar tiga buah struktur atom menurut teori atom Bohr yang memiliki jumlah proton lebih dari 10
2)      Menyimpulkan hubungan antara jumlah proton, neutron, elektron, nomor atom dan nomor massa berdasarkan gambar struktur atom
3)      Mengkomunikasikan gambar struktur atom menurut teori atom Bohr

C.    Tujuan Pembelajaran
1)      Peserta didik dapat menentukan jumlah proton, netron, dan elektron dalam atom dengan tepat berdasarkan pengamatan gambar struktur atom menurut teori atom Bohr
2)      Berdasarkan pengamatan tabel, peserta didik dapat menjelaskan hubungan dengan benar antara jumlah proton, jumlah neutron, nomor atom, dan nomor massa suatu atom
3)      Peserta didik dapat menentukan nomor atom dan nomor massa dengan benar berdasarkan  gambar struktur atom menurut teori atom Bohr
4)      Peserta didik dapat mengelompokkan atom-atom berdasarkan kesamaan jumlah proton, netron, dan nomor massa dengan benar
5)      Berdasarkan pengamatan tabel, peserta didik dapat menjelaskan dengan benar perbedaan antara isotop, isoton, dan isobar
6)      Peserta didik dapat menyebutkan minimal  dua pasang atom masing-masing untuk isotop, isoton, dan isobar melalui diskusi kelompok
7)      Peserta didik dapat menggambar minimal tiga buah struktur atom berdasarkan teori atom Bohr yang memiliki lebih dari 10 proton melalui diskusi kelompok
8)      Peserta didik menunjukkan rasa ingin tahu, kerjasama, disiplin,  proaktif, dan bertanggung jawab dalam melakukan diskusi untuk memecahkan  masalah dan membuat keputusan selama pembelajaran tentang struktur atom
9)      Peserta didik menunjukkan kesadaran bahwa keteraturan yang terjadi pada struktur atom adalah wujud kebesaran Tuhan Yang Maha Esa

D.    Materi Pembelajaran
1.      Teori Atom Bohr
Menurut Niels Bohr, atom tersusun dari inti atom dan lintasan-lintasan elektron. Inti atom tersusun atas proton yang bermuatan positif dan neutron yang tidak bermuatan (netral). Elektron beredar mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu, seperti sistem tata surya.
2.      Nomor Atom dan Nomor Massa
Jumlah proton dalam inti atom menyatakan nomor atom. Sedangkan jumlah proton dan neutron dalam inti atom menyatakan nomor massa. Selisih antara nomor massa dan nomor atom menunjukkan jumlah neutron.
3.      Isotop, Isoton, dan Isobar
Atom-atom yang memiliki jumlah proton sama disebut dengan isotop. Atom-atom yang memiliki jumlah neutron sama disebut isoton. Sedangkan atom-atom yang memiliki nomor massa sama disebut dengan isobar.

E.     Metode Pembelajaran
1.      Metode: Diskusi
2.      Pendekatan: Saintifik
3.      Model: Discovery Learning

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media:
Lembar Kerja dan software untuk presentasi menggunakan powerpoint
2.      Alat/Bahan:
Alat-alat untuk presentasi gambar atau tabel, seperti laptop dan LCD
3.      Sumber Belajar:
a)      Buku Paket Kimia Kurikulum 2013
b)      Sumber-sumber yang relevan

G.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran


Selengkapnya, silahkan unduh di sini:

Artikel Terkait:

2 komentar:

Komentar Pembaca adalah Kebahagiaan Penulis