Contoh Soal UKG Pedagogik dan Profesional
1. SCL
adalah salah satu inovasi di bidang pendidikan yang bercirikan:
a. Menekankan transfer
pengetahuan dari guru ke siswa,
b. Lebih menekankan pada
penguasaan materi,
c. Penekanan pada pencapaian
kompetensi,
d. Proses pembelajaran dan
penilaian dilakukan secara terpisah,
e. Penekanan pada ketuntasan
materi pelajaran.
2.
Pemilihan model pembelajaran sangat bergantung pada:
a. Sarana-prasarana,
b. Siswa,
c. Kurikulum,
d. Guru,
e. Semuanya benar.
3.
Perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi:
a. Perkembangan model
pembelajaran,
b. Cara belajar siswa,
c. Cara mengajar guru,
d. Perkembangan bahan ajar,
e. Semuanya benar.
4. Model
pembelajaran yang meminta siswa untuk mengurutkan dan menjelaskan gambar
setelah guru menyampaikan materi adalah:
a. Cooperative Script,
b. Metode Jigsaw,
c. Snowball Throwing,
d. Problem Solving,
e. Picture and Picture.
5. Model
pembelajaran yang mengedepankan kerjasama sesama guru serta melakukan
perencanaan, praktek mengajar, observasi Refleksi/kritikan terhadap
pembelajaran adalah:
a. Lesson Study,
b. Cooperative Script,
c. Metode Jigsaw,
d. Snowball Throwing,
e. Inquiry.
6. Model
pembelajaran dengan cara membuat pertanyaan yang dituliskan pada kertas lalu
diberikan pada ketua kelompok untuk dilempar ke siswa lain untuk dijawab
adalah:
a. Lesson Study,
b. Cooperative Script,
c. Metode Jigsaw,
d. Snowball Throwing,
e. Inquiry.
7. Model
pembelajaran dimana guru membagi topik tertentu menjadi beberapa subtopik,
selanjutnya membagi siswa ke dalam kelompok belajar kooperatif, setiap anggota
bertanggungjawab terhadap penguasaan setiap subtopik, adalah:
a. Lesson Study,
b. Cooperative Script,
c. Metode Jigsaw,
d. Snowball Throwing,
e. Inquiry.
8. Model
pembelajaran yang mempunyai kelebihan mendorong siswa berpikir secara ilmiah,
kreatif, intuitif dan bekerja atas dasar inisiatif sendiri, menumbuhkan sikap
objektif, jujur dan terbuka, adalah:
a. Role Playing,
b. Inquiry,
c. Problem Solving,
d. Picture and Picture,
e. Metode Jigsaw.
9. Model
pembelajaran yang menggunakan gambar dan dipasangkan/diurutkan menjadi urutan
logis, adalah:
a. Role Playing,
b. Inquiry,
c. Problem Solving,
d. Picture and Picture,
e. Metode Jigsaw.
10. Model
pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak
kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang
perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi
dengan tepat, adalah:
a. Role Playing,
b. Inquiry,
c. Problem Solving,
d. Picture and Picture,
e. Metode Jigsaw.
1.
Beragam teknik penilaian dapat dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan
belajar siswa, baik yang berhubungan dengan proses belajar maupun hasil
belajar. Teknik-teknik penilain tersebut adalah sebagai berikut, kecuali:
a.Penilaian unjuk kerja
b. Penilaian sikap
c. Penilaian observasi langsung
d. Penggunaan tertulis
2. Dalam
Soal tes tertulis peserta didik tidak selalu merespon dalam bentuk menulis
jawaban tetapi dapat juga dalam bentuk yang lain seperti berikut, kecuali:
a. Memberi tanda
b. Mewarnai
c. Membaca
d. Menggambar
3. Tes
tertulis dalam bentuk mensuplai jawaban dapat dibedakan, kecuali menjadi:
a.multiple choice
b. isian
c. jawaban singkat
d. uraian.
4. Tes
ini dapat digunakan untuk menilai kemampuanberfikir tinggi !
a. tes sebab-akibat
b. tes benar – salah
c. tes menjodohkan
d. tes pilihan ganda.
5. Tes
tertulis bentuk ini merupakan alat penilaian yang menuntut peserta didik untuk
mengingat, memahami, dan mengorganisasikan gagasannya atau hal-hal yang telah
dipelajarinya.
a. jawaban singkat
b. uraian
c. isian
d. pilihan ganda.
6. Dalam
menyusun alat penilaian tertulis perlu dipertimbangkan hal-hal berikut, kecuali
.........
a. jumlah item
b. karakteristik mata pelajaran
c. materi
d. konstruksi
7. Tes
pilihan ganda memiliki beberapa kekurangan diantaranya tersebut berikut ini,
kecuali .........
a.peserta didik tidak
mengembangkan sendiri jawabannya
b. menimbulkan kecenderungan anak
didik tidak belajar
c. kurang dapat untuk
memodifikasi kegiatan pembelajaran
d. banyak digunakan untuk
penilaian ketrampilan berbahasa secara formal.
8.
Kelemahan tes tertulis bentuk uraian antara lain .....
a. peserta didik dapat
mengekspresikan gagasan atau pendapatnya
b. dapat menilai berbagai jenis
kompetensi
c. cakupan materi yang ditanyakan
terbatas
d. peserta didik dituntut untuk
mengemukakan pendapatnya dengan kata-katanya sendiri.
9.Keberhasilan
pembelajaran bergantung pada beberapa hal, kecuali ....
a. efektifitas penilaian kelas
b. cost benefit yang besar
c. perancangan penilaian secara
sistemasis
d. perlakuan penilaian yang
secara terus-menerus dan berkesinambungan.
10.
Penilaian kelas yang baik akan memberikan informasi yang bermanfaat, kecuali
a. bagi orang tua, dapat
meningkatkan gairah kerjanya agar dapat membiayai sekolah anak-anaknya
b. bagi guru, dapat meningkatkan
efektifitas mengajarnya
c. bagi peserta didik, akan
meningkatkan kualitas kegiatan/hasil belajarnya
d. mampu memotivasi anak didik
meningkatkan terus upaya belajarnya.
1. KTSP
menuntut adanya perubahan dalam mengelola proses pembelajaran. Oleh karena itu
guru harus (a). Inovatip dan Kreatip (b) Paradikma Teaching berubah menjadi
learning (c). cara berpikir produktip menjadi reflektip dan (d ). Demonstrating
the knowledge. Soal : dari pernyataan tersebut yang tidak sesuai adalah
:
A. (a) dan (b) B. (a) dan (d) C.
(d) D. (c)
1.
Menggunakan media dan menggunakan teknik presentasi merupakan salah satu cara
mengelola pembelajaran akan :
(a) menarik perhatian siswa. (b). Membosankan siswa
(c). Meningkatkan daya serap siswa (d). Merepotkan
dan membebani guru
Soal : Dari pernyataan tersebut yang benar adalah :
A. (a) dan (b) B. (a) dan (c) C.
(b) dan (d) D. (c)dan (d)
3, Sumber
belajar adalah segala macam sumber yang memungkinkan siswa belajar. Ada
bermacam-macam sumber belajar yaitu yang benar terdiri dari :
A. pesan dan orang B. Alat dan
teknik
C. Lingkungan, D. pesan dan bahan
( boleh pilih lebih dari satu jawaban).
4. Segala
sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan sehingga dapat merangsang
pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa sehingga dapat mendorong
terjadinya proses belajar siswa.
Soal : Pernyataan tersebut merupakan konsep media
yang dinyatakan oleh:
A. Palmer, W B. Gagne C. Bright
D. AECT
5. Yang
termasuk bahan pertimbangan dalam memilih media dalam pembelajaran diantaranya
adalah :
A. harus membuat terlebih dulu
B. Kesesuaian dengan tujuan dan
bahan
C. harganya mahal dan modern
D. Pengoperasiannya sulit.
6.
Manakah media yang paling baik untuk mengajar
A. VCD B. Flip Chart D. OHT E. LCD
7. Fungsi
GBIPM (Garis Besar Isi Program Media) adalah
A. instrument perencanaan media
dalam pembelajaran
B. Instrument Pengembangan Media
dalam pembelajaran
C. Instrument Pemilihan Media
dalam pembelajaran
D. Perencanaan Program Media
dalam pembelajaran
(boleh pilih lebih dari satu jawaban)
8. Media
dalam pembelajaran harus didisain dengan baik dan menarik. Hal ini karena media
bukan semata-mata berperan sebagai perantara atau pengantar pesan, tetapi media
juga perperan sebagai Perangsang:
A. Pikiran dan Perasaan B.
Perhatian dan minat
C. Menarik perhatian D. Menarik
Minat.
(boleh memilih dua opsi yang tepat)
9.
Pilihlah jenis huruf berikut ini yang menurut saudara paling tepat untuk
membuat media OHT/Slide presentasi
A. Media sangat besar peranannya
dalam proses pembelajaran
B. Media sangat besar peranannya
dalam proses pembelajaran
C. Media sangat besar
peranannya dalam proses pembelajaran
D. Media sangat besar peranannya
dalam proses pembelajaran
1.
Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
a. sikap penulis
b. panjang tulisan
c. struktur sajian
d. penggunaan bahasa
2.
Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
a. pendahuluan, inti (pokok
pembahasan), dan penutup
b. pendahuluan, abstrak, bagian
inti, simpulan
c. abstrak, pendahuluan, bagian
inti, simpulan
d. abstrak, bagian inti, penutup
3. Bagian
penutup suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan
tentang
a. rangkuman dan tindak lanjut
b. simpulan umum
c. rekomendasi penulis
d. simpulan dan saran
4.
Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang
paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah
contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
a. pendidikan
b. kebudayaan
c. pemulung
d. informatika
5. Dalam
karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap
ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan
pada, kecuali
a. fakta atau kenyataan
b. argumentasi
c. teori yang diakui kebenarannya
d. data empirik/hasil penelitian
6.
Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang
bersifat
a. resmi
b. baku
c. impersonal
d. personal
7.
Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis
ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah
mempunayi komponen
a. daftar pustaka
b. abstrak
c. daftar tabel
d. lampiran
8.
Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
a. memaparkan bidang ilmu
tertentu
b. merupakan deskripsi suatu
kejadian
c. menggunakan gaya bahasa resmi
d. disajikan secara sistematis
9. Di
antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis
ilmiah?
a. senjata makan tuan
b. kumbang cantik pengisap madu
c. pengaruh gizi pada pertumbuhan
anak
d. pengaruh obat bius yang
menghebohkan
10 Untuk
membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat
mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai
pembeda adalah
a. sistematika tulisan
b. panjang tulisan
c. ragam bahasa yang digunakan
d. pengarang
1.
Artikel dapat dikelompokkan menjadi
a. artikel laporan dan artikel
rujukan
b. artikel konseptual dan artikel
teoritis
c. artikel hasil telaahan dan
artikel teoritis
d. artikel hasil laporan dan
artikel hasil telaahan
2. Dari
sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk
menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
a. kelayakan ide untuk
dipublikasikan
b. wacana tentang ide yang sedang
berkembang
c. kesiapan ide untuk
didiskusikan
d. persamaan persepsi para ahli
di bidang yang sama
3.
Tulisan analisis konseptual terdiri dari
a. judul, abstrak, data,
pembahasan, dan referensi
b. judul, abstrak, pendahuluan,
diskusi, referensi
c. judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
d. judul, pendahuluan, temuan,
pembahasan, referensi
4. Dalam
suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat
berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
a. abstrak
b. pendahuluan
c. diskusi
d. referensi
5.
Referensi memuat semua rujukan yang
a. pernah dibaca penulis
b. perlu dibaca pembaca
c. dimuat dalam badan tulisan
d. diperlukan dalam pengembangan
tulisan
6. Salah
satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di bagian pendahuluan adalah
berikut ini
a. apa inti teori/konsep yang
dibahas?
b. mengapa konsep itu dibahas?
c. Apa kesimpulan yang dapat
ditarik?
d. Apa tindak lanjut yang perlu
dilakukan?
7. Salah
satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
a. menjelaskan partisipan
b. menulis masalah yang sudah
pernah dibahas
c. memecah satu penelitian
menjadi beberapa artikel
d. melaporkan korelasi yang
dibahas dalam penelitian
8.
Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau
artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
a. panjang tulisan
b. nada tulisan
c. gaya tulisan
d. bahasa tulisan
9.
Rekomendasi untuk judul adalah
a. 8-10 kata
b. 10-12 kata
c. 12-15 kata
d. 15-30 kata
10. Dalam
suatu laporan atau artikel hasil penelitian, kontribusi penelitian dapat
dilihat di bagian
a. pendahuluan
b. metode
c. hasil
d. diskusi
1. Jelaskan
beberapa inovasi dalam bidang pendidikan yang bapak/ibu ketahui, apa kelemahan
dan keunggulannya.
2. Jelaskan
dampak perkembangan Ipteks pada inovasi bidang pendidikan dan inovasi di bidang
pembelajaran.
3. Buat
RPP ringkas untuk mata pelajaran tertentu menggunakan satu atau lebih model
pembelajaran inovatif yang bapak/ibu anggap sesuai dengan mapel tersebut.
4. Dalam
praktik pembelajaran, paling banyak dipergunakan teknik penilaian tertulis.
Setujukah anda atas pernyataan tersebut ? Mengapa demikian ?
5. Adakah
teknik penilaian yang dapatdipergunakan untuk menilai berbagai kompetensi ?
Berikan alasannya !
6. Berikan
alasan! Mengapa Teknik Penilaian Tertulis, khususnya alat penilaian tes pilihan
ganda kurang dianjurkan pemakaiannya dalam penilaian pembelajaran yang otentik
dan berkesinambungan ?
7. Apa
alasannya PTK selalu dirancang dalam bentuk tahapan siklus yang berulang-ulang
?
8. Apa
hakekat utama dari penelitian tindakan kelas tersebut ?
9. Jelaskan
makna dan fungsi dilakukannya PTK oleh seorang guru ?
10. Kenapa
PTK tidak tepat dilakukan oleh orang lain ?
11. Apa
tujuan dan manfaatnya jika dalam penelitian tindakan kelas dilakukan secara
kolaboratif dengan pihak lain (dosen LPTK) ?
12. Prinsip-prinsip
apa aja yang harus dipertimbangkan dalam melaksanakan sebuah PTK ?
13. Faedah
apa yang dapat dipetik dengan model penelitian yang bersifat siklus dan
reflketif ?
14. Jelaskan
ciri-ciri yang dimiliki oleh PTK ?
15. Sebutkan
langkah-langkah pokok dalam menentukan sebuah tema PTK !
16. Apakah
semua masalah dalam pembelajaran dapat diteliti dengan dengan PTK, berikan
alasan anda !
17. Kenapa
PTK senantiasa diharuskan bersumber dari guru kelas ?
18. Sebutkan
garis besar struktur dari sebuah proposal PTK !
19. Pertimbangan-pertimbangan
apa saja yang harus diperhitungkan dalam PTK?
20. Setelah
membaca uraian di atas, coba bapak dan ibu simpulkan bagaimana caranya mengenal
karakteristik karya tulis ilmiah. Jelaskan mengapa bapak dan ibu menyimpulkan
seperti itu?
21. Sebutkan
aspek-aspek yang dapat menggambarkan karakteristik suatu karya tulis ilmiahdan
berikan penjelasan singkat untuk setiap aspek. Berdasarkan uraian itu, coba
simpulkan karakteristik karya tulis ilmiah!
22. Secara
umum, struktur sajian suatu karya tulis ilmiah terdiri dari bagian awal, inti,
dan bagian penutup. Coba jelaskan deskripsi masing-masing bagian dan apa
bedanya dengan struktur sajian karya non ilmiah?
23. Jelaskan
mengapa abstrak merupakan bagian terpenting dalam laporan dan artikel
penelitian
24. Sebut
dan jelaskan perbedaan karya tulis ilmiah hasil pemikian dan hasil penelitian!
25. Carilah
salah satu artikel hasil penelitian, telaah unsur-unsur yang terdapat pada
artikel itu!
Sumber : Buku Materi PLPG, UNNES 2008
Mksh, tp perlu dibuatkan kunci jawaban agar lebih lengkap!
BalasHapusSip...
BalasHapustrimakash tambahan ilmunya
BalasHapusmantap pak Gede Putra Adnyana
BalasHapusbisa download ya?
maturnuwon sanget mas
BalasHapusMakasih atas infonya !
BalasHapusMakasih atas infonya !
BalasHapusSuksema infone nggih
BalasHapus