Perkara Sistem Rekrutmen Guru

PERKARA SISTEM REKRUTMEN GURU
Oleh: Gede Putra Adnyana

Hasil penelitian Goodlad (dalam Idris, 2005), menyimpulkan bahwa peran guru amat signifikan terhadap kualitas keberhasilan proses pembelajaran. Ketika para guru telah memasuki ruangan dan menutup pintu kelas, maka kualitas pembelajaran akan lebih banyak ditentukan guru. Oleh karena itu, kehadiran guru yang profesional adalah suatu keniscayaan dalam rangka mewujudnyatakan proses dan hasil belajar yang berkualitas. Doyle (dalam Dunne & Wrag, 1996:11), menyebutkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan guru dengan efektivitas pembelajaran. Semakin tinggi kemampuan guru (kompetensi guru), maka semakin efektif guru dalam menyelenggarakan pembelajaran. Dengan demikian, peran dan fungsi guru tak terbantahkan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada khususnya dan pendidikan pada umumnya.

Guru yang berkualitas dapat dihasilkan dari sistem rekrutmen yang berkualitas pula. Namun, apa mau di kata, ternyata sistem rekrutmen guru sungguh sangat tidak proporsional dan profesional.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Pembaca adalah Kebahagiaan Penulis