4 Medali IChO 2013

Olimpiade Kimia Internasional atau International Chemistry Olimpiad (IChO), diselenggarakan di Moskow, Rusia, pada tanggal 15--24 Juli 2013Jakarta. Pada ajang olimpiade internasional tahun 2013 ini Tim ICho Indonesia berhasil meraih tiga medali perak dan satu medali perunggu.

Ketiga medali perak diraih oleh:
1)      Ryan Bagus Fitradi (SMAN 81 Jakarta, nilai 61,28);
2)     Ivan Kurniawan (SMAN 1 Purwokerto, nilai 60,22);
3)     Putu Ivan Budi Gunawan (SMAN 4 Denpasar, nilai 59,91).
Sedangkan medali perunggu diraih oleh:
4)     Jason Mahadika Nathanael (SMAK Penabur, Gading Serpong, nilai 50,25).

Tahun 2013 merupakan Kompetisi IChO yang ke-45 dan berlangsung di Moscow State University. Sedangkan bagi Indonesia merupakan partisipasi yang ke-16. Olimpiade Kimia Internasional kali ini diikuti oleh 291 siswa dari 73 negara peserta aktif, serta 4 negara sebagai observer (http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1594).

Meskipun tidak meraih medali emas untuk IChO tahun 2013 kali ini, namun tetap menghadirkan kebanggaan pada dunia pendidikan di Indonesia. Bahwa tidak dapat dimungkiri, siswa-siswa Indonesia memiliki potensi luar biasa yang wajib hukumnya ditumbuhkembangkan. Oleh karena itu, seluruh pihak-pihak yang berkepentingan harus menyamakan persepsi dan manyatukan langkah untuk meraih prestasi yang lebih membanggakan di masa datang.

Berkaitan dengan hal tersebut, pengelolaan pendidikan hendaknya dilaksanakan secara proporsional dan profesional. Pendidikan harus tetap menjadi perhatian yang sungguh-sungguh, baik dari pemerintah, swasta, maupun masyarakat. Pendidikan hendaknya bebas dari pengaruh politik dan tidak menjadi arena komersialisasi. Pendidikan hendaknya hadir secara murni. Dengan kemurnian tersebut, niscaya mampu menumbuhkembangkan jiwa-jiwa kritis, inovatif, jujur, objektif, menghargai perbedaan, dan bertanggung jawab. Semoga.




Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Pembaca adalah Kebahagiaan Penulis