Jurnalis Award Bali 2013


Asosiasi Media Bali (AMB) akan menggelar Lomba Karya Tulis (LKT). Lomba ini diperuntukkan bagi para jurnalis, mahasiswa dan pelajar, serta masyarakat umum. Tujuannya adalah untuk menyoroti program-program pemerintah provinsi Bali. Tema besar lomba karya tulis ini, yakni "Mengevaluasi Program Pemprov Bali 2008-2013". Adapun sub temanya antara lain evaluasi program Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM), Jamkrida, Bedah Rumah, Sistem Pertanian Terintegrasi (Simantri), dan Trans Sarbagita.

Lomba karya tulis ini bertajuk "Jurnalis Award Bali 2013". Rencananya pemenang LKT akan langsung menerima hadiah yang diserahkan oleh Gubernur Bali dan Ketua DPRD Bali pada 13 Mei 2013. Para pemenang lomba, selain akan menerima plakat dan piagam, juga disediakan hadiah uang tunai total sebesar Rp43,5 juta.

Persyaratan untuk kelompok jurnalis, yaitu tulisan yang dikumpulkan harus sudah dimuat di media cetak, media online, ataupun sudah disiarkan di lembaga penyiaran dari 21 April-11 Mei 2013. Setiap jurnalis dapat mengirimkan lebih dari satu tulisan. Sedangkan untuk kategori umum dan mahasiswa/pelajar, panjang karya tulis maksimal lima halaman dan dapat dikirim dari 17 April-11 Mei 2013.

Pengiriman karya tulis dari kategori jurnalis, masyarakat umum, mahasiswa/pelajar yaitu ke alamat: “Sekretariat AMB (Kantor Koran Bali Travel Newspaper) di Jalan Melati No 43 Denpasar, nomor telepon (0361) 227610. Batas terakhir pengiriman naskah paling lambat 11 Mei 2013 pukul 12.00 Wita.

Hadiah bagi peserta sesuai kategori yakni untuk jurnalis, juara I berhak atas uang tunai Rp10 juta, juara II uang tunai Rp7,5 juta dan juara III uang tunai Rp5 juta. Sedangkan kategori umum, juara I dapat meraih uang tunai Rp6 juta, juara II sebesar Rp5 juta, dan juara III sebesar Rp4 juta.

Sementara untuk kategori mahasiswa/pelajar, juara I berhak atas uang tunai Rp5 juta, juara II sebesar Rp4 juta, dan juara III uang sebanyak Rp3 juta. Disamping itu, semua juara I dalam berbagai kategori, selain mendapatkan uang tunai juga akan mendapatkan plakat dan piagam. Sedangkan juara II dan III mendapat piagam dan uang tunai.

Panitia menjamin proses penilaian akan "fair" karena melibatkan dewan juri yang berkompeten di bidangnya. Dewan juri diantaranya, wartawan senior Widminarko, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dwijendra, guru dan juga penulis Nyoman Tingkat, serta Biro Humas Pemprov Bali.

Jadi, bagi mereka yang gemar menulis, tidak ada salahnya jika mengikuti kompetisi ini. Di samping dapat berbagi gagasan, juga dapat mengkritisi pembangunan di provinsi Bali. Semua itu semata-mata demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Bali secara keseluruhan. Semoga.

Artikel Terkait:

5 komentar:

  1. hanya untuk orang bali aja, atau seluruh indonesia?

    BalasHapus
  2. Boleh untuk orang dari luar Bali, yang penting temanya sesuai, yakni mengkaji program Bali Mandara (Program Pemprov. Bali). Terima kasih.

    BalasHapus
  3. karya tulisnya yang 5 halaman dalam bentuk apa, makalah,paper atau esai....?
    dan persyaratan mengenai ukuran tulisan dan hurup tulisan bagaimana...??
    bisa tidak minta no hpnya...
    balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih jelasnya, silahkan hubungi: Sekretariat AMB (Kantor Koran Bali Travel Newspaper) di Jalan Melati No 43 Denpasar, nomor telepon (0361) 227610. Semoga sukses.

      Hapus
  4. boleh ngak cantumin di sini urutan peringkat dari atas sampai bawah...

    BalasHapus

Komentar Pembaca adalah Kebahagiaan Penulis