PENERAPAN MODEL SB-HD BERBANTUAN LKS-2E

PENERAPAN MODEL SB-HD BERBANTUAN LKS-2E PADA PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Oleh
Gede Putra Adnyana
(Guru Kimia SMAN 2 Busungbiu, Buleleng, Bali)

ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan: 1) keterampilan berpikir kritis dan 2) pemahaman konsep kimia siswa akibat penerapan Model Siklus Belajar Hipotetis Deduktif (SB-HD) berbantuan Lembar Kegiatan Siswa Eksplorasi Elaborasi (LKS-2E) pada pembelajaran kimia. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Banjar kelas XI Progam IPA.2 yang berjumlah 26 orang dengan rincian 10 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Objek penelitiannya adalah 1) keterampilan berpikir kritis, dan 2) pemahaman konsep kimia siswa. Tindakan pada siklus I menggunakan sintaks SB-HD yang meliputi tahap persiapan, fase eksplorasi yang dibantu dengan LKS-2E, fase pengenalan konsep, dan fase aplikasi konsep. Sedangkan tindakan pada siklus II merupakan penyempurnaan siklus I. Data tentang keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep kimia siswa dikumpulkan dengan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model SB-HD berbantuan LKS-2E pada pembelajaran kimia, dapat meningkatkan: 1) keterampilan berpikir kritis siswa dan 2) pemahaman konsep kimia siswa. Rerata keterampilan berpikir kritis siswa untuk semua aspek sebesar 4,39 termasuk kategori rendah pada siklus I meningkat menjadi 6,01 dengan kategori sedang pada siklus II. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa terjadi pada semua aspek keterampilan berpikir kritis, yaitu merumuskan masalah, memberikan argumentasi, melakukan induksi, melakukan deduksi, melakukan evaluasi serta memutuskan dan melaksanakan tindakan. Pemahaman konsep kimia siswa juga mengalami peningkatan, di mana rerata pada siklus I sebesar 68,33 (KKM-KD = 70), meningkat menjadi 72,07 (KKM-KD = 71) pada siklus II.

Kata kunci: siklus belajar hipotetis deduktif, keterampilan berpikir kritis, pemahaman konsep

Artikel ini telah dimuat pada Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2011, ISSN: 2087-9040, Diterbitkan oleh: Ikatan Alumni Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA, Universitas Pendidikan Ganesha.

Selengkapnya silahkan unduh di sini: http://www.ziddu.com/download/18871772/Artikel_Jurnal_IKA_Kim_SB_HD_2E.pdf.html

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Pembaca adalah Kebahagiaan Penulis