Pemenang Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan Tahun 2011

PEMENANG SAYEMBARA PENULISAN NASKAH BUKU PENGAYAAN 2011
KATEGORI PENGAYAAN KEPRIBADIAN
JENIS NASKAH KUMPULAN CERPEN

Pusat kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan Tahun 2011. Informasi sayembara telah disebarluaskan sejak April 2010. Batas akhir pengiriman naskah buku pengayaan yang semula tanggal 1 Maret 2011, selanjutnya diperpanjang sampai dengan 29 April 2011.
Naskah yang diterima panitia sebanyak 1.128 naskah dari 30 provinsi. Berdasarkan hasil penilaian dewan juri yang layak untuk diteruskan penilaiannya sebanyak 728 naskah. Berdasarkan hasil penilaian dan wawancara, dewan juri menetapkan 42 naskah pemenang sayembara penulisan buku pengayaan tahun 2011 untuk semua jenis dan jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK/MAK.
Berdasarkan Keputusan Kepala Puskurbuk, Balitbang, Kemdiknas, nomor: 7012/G3/LL/2011 tanggal 18 Oktober 2011, ditetapkan pemenang I, II, dan III untuk empat kategori. Keempat kategori itu meliputi, 1) pengayaan kepribadian, 2) pengayaan pengetahuan alam dan matematika, 3) pengayaan pengetahuan sosial dan humaniora, dan 4) pengayaan keterampilan vokasional.
Terdapat enam jenis naskah pada kategori pengayaan kepribadian. Keenam jenis naskah tersebut, meliputi 1) cerita anak, 2) kumpulan cerpen, 3) novel, 4) kumpulan pantun, 5) kumpulan puisi, dan 6) drama.
Adapun pemenang sayembara penulisan naskah buku pengayaan tahun 2011 untuk jenis naskah kumpulan cerpen, yaitu:
Judul Naskah
Jenjang
Nama Penulis
Tempat Tugas
Juara
Hati-Hati dengan Ogoh-Ogoh itu
SMA/MA/ SMK/MAK
Gede Putra Adnyana
SMAN 2 Busungbiu, Buleleng, Bali
II
Cintaku pada Alien
SMA/MA/ SMK/MAK
Hanaa Al Ithriyyah
Jawa Timur
III
Catatan Kegelisahan Seorang Rama
SMP/Mts
Ai Varidah
Jawa Barat
II
Melukis Bulan
SMP/Mts
Moh. Syafie
Jawa Timur
III
Catatan: Dewan juri memutuskan bahwa untuk jenis naskah kumpulan cerpen tidak ada juara I.
Sayembara ini terbuka bagi para pendidik (berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan) dan tenaga kependidikan (pengelola satuan pendidikan, penilik, pengawas, peneliti, pengembang, pustakawan, laboran, dan teknisi sumber belajar) pada pendidikan formal maupun nonformal, baik yang masih aktif maupun sudah pensiun. Peserta adalah perorangan, bukan tim.
Puskurbuk, Balitbang, Kemdiknas berkomitmen untuk terus menyelenggarakan sayembara ini demi mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu siapapun yang berniat untuk berpartisipasi dalam sayembara tersebut di tahun 2012, mari persiapkan diri dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Semoga kebaikan selalu datang dari segala penjuru (Penulis: Gede Putra Adnyana, Guru SMAN 2 Busungbiu, Buleleng, Bali).

Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. wuiiih ternyata memang ya pak. hebat. naskah saya gak lolos jadi pememang. sedih banget rasanya

    BalasHapus

Komentar Pembaca adalah Kebahagiaan Penulis