TEKNIK MENYUSUN PTK
Oleh: Gede Putra Adnyana
Disajikan pada Workshop PTK Guru-Guru SMAN 1 Banjar, Buleleng, Bali
Minggu, 28 Februari 2010
1. Pendahuluan
Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan kegiatan nyata guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam hal ini guru memberikan tindakan nyata yang berbeda dari biasanya dan siswa diberikan pedoman agar dapat mengikuti tahap demi tahap pembelajaran yang dilaksanakan (Arikunto, 2007). Dengan demikian, PTK merupakan wahana untuk menuangkan kreativitas dan inovasi para guru. Dalam konteks inilah sering terjadi kesalahan, di mana guru sudah merasa melakukan peningkatan kualitas pembelajaran, padahal yang dilakukan adalah hal biasa dan harus dilakukan, tetapi selama ini guru belum melakukannya. Misalnya, menggunakan lembar kerja dan alat peraga, mengevaluasi aspek afektif, portofolio, dan hasil ulangan. Penelitian tindakan kelas secara sederhana dapat dipandang sebagai tindakan untuk mencobakan model pembelajaran dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar.
Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar guru masih kesulitan melaksanakan PTK. Beberapa faktor yang menyebabkan, diantaranya 1) belum ada keberanian untuk memulai melaksanakan PTK, 2) terbentur masalah fasilitas, seperti computer dan printer, 3) kurangnya dukungan dari instansi terkait baik moral maupun meteriil, dan 4) belum mengenal berbagai model pembelajaran. Akibatnya, PTK hanya ramai diwacanakan tetapi tidak pernah dilaksanakan.
2. Teknik Menyusun PTK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar Pembaca adalah Kebahagiaan Penulis